banner here

Cara Membuat Seledri Segar, Awet, dan Harum Lebih Lama

kapsul sambiloto,kapsul kunyit putih,kapsul kelor,obat kanker,herbal kanker,obat covid,herbal covid,obat corona
Image: Seruni.id  |  

Penulis: Selly | Editor: Graminda  |  

Seledri punya aroma yang harum dan khas. Sehingga, sering jadi bahan tambahan wajib pada banyak masakan seperti sup, bakso, serta soto. Selain itu, pucuk daun seledri juga sering dipakai sebagi garnish agar makanan jadi lebih cantik.

Makanya, tidak heran bila seledri jadi sayuran yang wajib ada dalam kulkas. Sayangnya, jika disimpan terlalu lama, seledri akan layu. Supaya seledri terlihat tetap segar dan awet, lihat tips berikut, ya!

1. Pilih Seledri yang Masih Segar
Kualitas seledri yang sangat mempengaruhi daya tahannya. Jadi, carilah seledri yang berwarna hijau dan segar.

Apabila batang seledri mudah dipatahkan, berarti daun seledrinya masih renyah. Sebaliknya, jika seledri berwarna kecoklatan atau abu-abu, berarti seledri sudah tidak lagi segar.

2. Lapisi Ujung Batang Seledri dengan Aluminium Foil
Bagian pangkal seledri sangat berpengaruh pada kesegaran daun. Jadi, pembusukan harus diperlambat mulai dari pangkal batang.

Caranya dengan potong sedikit pangkal seledri. Kemudian, pangkal batang seledri tersebut dilapisi aluminium foil hingga seluruh batang tertutupi.

3. Simpan dalam Kulkas
Kulkas adalah “penolong” hampir semua jenis sayuran, termasuk seledri. Berkat adanya kulkas, seledri bisa bertahan lebih lama.

Namun jangan cuci seledri ketika hendak disimpan, ya. Sebab, hal ini yang bikin seledri cepat layu. Masukkan saja seledri dalam kantong plastik dan beri sedikit lubang udara. Dengan begitu, seledri bisa awet sekitar 2 minggu. Seledri bisa anda cuci saat hendak akan gunakan.

4. Rendam dalam Wadah
Seperti halnya tanaman lain, seledri juga akan lebih awet jika diberikan air. Bukan lantas seledri disirami air, ya. Tapi batang seledri direndam agar tetap lembab dan sebagai asupan nutrisi.

Agar tidak terlalu panjang, potong sedikit tangkai seledri. Kemudian, pastikan bagian tangkainya sudah terendam air semua. Bagian atas seledri (daun) bisa ditutup dengan plastik dan disimpan dalam kulkas. Dijamin, seledri akan tetap segar dan renyah.

5. Simpan dalam Freezer
Selain kulkas, freezer juga bisa membuat seledri lebih tahan lama. Karena dalam keadaan beku, aroma seledri akan tersimpan dengan baik. Warna daunnya juga tidak akan berubah.

Namun, daun dan bagian ujung seledri harus dipisahkan dari ruas batangnya. Kemudian, barulah seledri bisa dimasukkan ke plastik dan disimpan dalam freezer.

Jika ingin seledri tahan lebih lama, jangan simpan sembarangan. Sebab, seledri rentan layu dan busuk meski di dalam kulkas. Jangan biarkan seledri anda terbuang sia-sia, ya. Mubazir!




Sumber : https://resepkoki.id/2018/08/08/tips-seledri-tetap-segar/




bumbu-dapur-bubuk-deDaun, serbuk-ketumbar, lada-hitam-bubuk, kunyit-bubuk, ketumbar-bubuk, jahe-bubuk, cabe-bubuk, cabai-bubuk, merica-bubuk, lada-putih-bubuk, lengkuas-bubuk



ketumbar,kunyit,jahe,lada-putih,merica,cabai,lengkuas,lada-hitam